Selasa, 05 Januari 2010

Tugas Pengantar Arsitektur


Bangunan rasionalisme







NamaBangunan Baru :Museum Kebangkitan Nasional
Nama Bangunan Lama :
School Tot Opleiding Van Inlandse Arsten, STOVIA / Sekolah Dokter Hindia
Alamat :
Jl. dr. Abdul Rachman Saleh No. 26 Kel. Senen
Wilayah :
Kec. Senen
Jakarta Pusat
(Jakarta 10410)

Pemilik :
Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI.
Keterangan Ringkas :
Dibangun pada tahun 1899-1902, STOVIA sekolah kedokteran pertama di masa penjajahan Belanda untuk pribumi. Di gedung ini tempat berdirinya organisasi modern pribumi Perkumpulan Pemuda “Boedi Oetomo”, pada tgl. 20 Mei 1908 yang selanjutnya dicanangkan sebagai hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Mahasiswa STOVIA banyak yang menjadi tokoh pergerakan nasional seperti dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Soetomo, dr. Wahidin Sudirohusodo, dr. Setiabudi (Douwes Dekker) dll.. Gedung ini dipugar oleh Pemerintah DKI Jakarta tahun 1973 peresmiannya dilakukan oleh Presiden Soeharto tgl. 20 Mei 1974, dan selanjutnya diberi nama Gedung Kebangkitan Nasional seperti sekarang, pada tahun 1980 diserahkan kepada Dekdikbud RI. Kemudian menjadi Museum Nasional.

Arsitektur : Gaya Neo Klasik (Rasionalisme struktur yang dipelopori J.N.L Durand, Ecole Polytechnique, Paris).

Prinsip-prinsip disainnya :
1.keseimbangan : formal(simetris)karena seimbang terhadap garis tengah sumbu axis.jika tiap elemen di ulang sepasang-sepasang masing-masing dikiri dan kanan garis tengah sumbu tadi.kelemahan simetri adalah kecenderungan pada keterbatasan serta tidak imajinatif dalam pelaksanaannya.terlalu banyak pasangan yang sama dalam suatu komposisi dapat menjadikan komposisi itu monoton dan statis.simetri itu dapat di buat menjadi imajinatif dan kompleks bila simetri itu dinamis.
2.iramanya : dinamis dapat dilihat dari pengulangan bentuk/garis dengan perletakan yang berbeda,jarak yang berbeda serta dimensi yang berbeda.
3.voca pointnya pada seluruh bangunan yang di buat menyerupai benteng jaman penjajahan.
4.skala : skala normal karena bangunan tersebut awalnya di buat untuk sekolah para mahasiswa kedokteran dan sekarang dijadikan museum kebangkitan nasional.
5.proporsi : sesuai karena hubungan antar bagian dari suatu disain dan hubungsn antara bagian dengan keseluruhan.
6.unity : tidak memiliki unity Karena bangunan tersebut di buat tunggal dan tidak memiliki unsure yang membuat bangunan tersebut serasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar